Cara Menanam Cabe Hidroponik Dengan Botol Bekas Minuman

Cara Menanam Cabe Hidroponik Dengan Botol Bekas Minuman - Menanam cabe tidak harus membutuhkan lahan yang luas salah satu solusinya adalah dengan menanam cabe secara hidroponik dengan memanfaatkan botol minuman bekas.

Bagi yang kurang mengerti hidroponik adalah sistem penanaman Sayuran atau buah yang tidak menggunakan media tanah melainkan mengguakan sistem hidro atau menggunakan media air yang dicampur dengan nutrisi khusus untuk tanaman hidroponik. 

Menanam hidroponik di rumah memang cukup mudah, tidak usah pake media media hidroponik yang mahal dulu, gunakan media daur ulang atau media-media yang tidak terpakai untuk disulap jadi KIT Hidroponik, misalkan botol-botol bekas pun bisa disulap jadi media untuk menanam sayur atau buah secara hidroponik.

Cara Menanam Cabe Hidroponik Dengan Botol Bekas Minuman

Jadi kita memanfaatkan botol minuman bekas untuk menampung air nutrisi hidroponik tersebut. Botol bekas minuman sepertinya sangat mudah di jumpai entah itu di bak sampah umum, tempat pembuangan sampah, di pinggiran jalan, di sungai dan tempat-tempat lain. Ada baiknya kita manfaatkan botol bekas minuman tersebut sebagai tempat menanam tanaman secara hidroponik.

Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa di tanam secara hidroponik namun pada tulisan saya kali ini saya hanya akan membahas  cara menanam cabe hidroponik dengan botol bekas minuman.

Selain menggunakan botol bekas minuman kita juga bisa menggunakan pipa paralon namun secara teknis pembuatan atau perakitannya sangatlah rumit dan membutuhkan dana yang lumayan, untuk menekan biaya yang besar sebaiknya kita manfaatkan botol bekas minuman.

Alat dan bahan untuk membuat tanaman cabe hidroponik dengan botol bekas :

  • Cutter (untuk memotong botol)
  • Botol bekas minuman minimal ukuran 600 ml dan yang paling baik adalah 1,5 liter hingga 2 liter
  • Solder / paku (untuk melubangi bagian tutup botol)
  • Media tanam (sekam bakar, hidroton, rockwool, pecahan bata dsb)
  • Nutrisi AB Mix Untuk cabe atau AB Mix umum
  • Bibit cabe
  • Air bersih

Langkah-langkah untuk cara menanam cabe hidroponik dengan botol bekas :

Cara Menanam Cabe Hidroponik Dengan Botol Bekas Minuman


  1. Potong botol bekas minuman menjadi 2 bagian, jangan potong sama rata namun pastikan bagian bawahnya lebih panjang. Bagian atas sekitar 40% dan bagian bawah 60%.
  2. Lubangi bagian atas botol minuman dengan solder atau menggunakan paku yang di panaskan, buat lubang sebanyak 6 lubang paling minimal.
  3. Masukkan pula air nutrisi di bagian bawah botol hingga mencapai bagian bawah media tanam.
  4. Isi bagian atas botol dengan media tanam.
  5. Lalu buat lubang kecil pada media tanam dan masukkan biji cabe.
  6. Simpan di dalam rumah yang tidak terkena mata hari hingga tunas cabe mulai tumbuh.
Itulah cara menanam cabe hidroponik dengan botol minuman bekas dan pastikan untuk mengecek kondisi air nutrisi jangan sampai kekeringan. Setelah daun cabe lebih dari 2 buah kita bisa letakkan tanaman cabe hidroponik tersebut keluar rumah yang terkena matahari pagi namun tidak terkena hujan. Sebab air hujan membuat air nutrisi dalam botol meluap dan kondisi air jadi asam yang mana bisa mengakibatkan tanaman cabe layu dan jika hal ini terjadi sebaiknya segera ganti air nutrisi dengan air nutrisi yang baru.


Catatan (berdasarkan pengalaman) :

Tanaman cabe adalah tanaman yang tumbuh tinggi ke atas 30 cm lebih dan ketika cabe di tanam dengan metode hidroponik tanaman cabe tersebut sangat mudah roboh terkena terpaan angin apalagi kalau cabenya sudah berbuah itu membuat bagian atas berat.

Untuk mengatasi robohnya tanaman cabe hidroponik cara saya mengatasinya adalah  dengan mengikatkan botol tempat cabe tumbuh dan tempat air nutrisi ke pagar atau ke sesuatu yang berdiri kokoh. Begitu juga dengan batang cabe juga saya ikatkan pada pagar.

Buat teman-teman yang mempunyai solusi lain untuk mengatasi tanaman cabe hidroponik roboh silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah, saya sangat senang jika kita saling berbagi bersama dalam blog ini.

Mudah bukan cara menanam cabe hidroponik dengan botol bekas ? Selain caranya mudah, bahan-bahannya pun sering kali dijumpai di sekitar rumah kita. Untuk cara perawatannya, cukup tambah air nutrisi dalam botol secara berkala.

Itulah sedikit informasi dan pengalaman saya cara menanam cabe hidroponik dengan botol bekas minuman, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Komentar