Kenapa Cabe Hidroponik Tidak Mau Berbuah ?

Kenapa Cabe Hidroponik Tidak Mau Berbuah ? - Menanam tanaman cabe hidroponik di samping atau pekarangan rumah memang sangat menyenangkan, selain membuat udara sejuk, jadi tanaman hias di rumah dan hasilnya pun bisa untuk di konsumsi, namun bagaimana jika cabe hidroponiknya tidak mau berbuah ? pasti saja kita kecewa karena hasil yang di harapkan tidak akan di dapat.

Sebelum kita ke topik pembahasan kenapa cabe hidroponik tidak mau berbuah sebaiknya ketahui terlebih dahulu syarat yang harus di penuhi sebuah tanaman jenis apa saja (termasuk cabe) yang berbuah agar dapat menghasilkan buah sesuai dengan yang kita harapkan.

Kenapa Cabe Hidroponik Tidak Mau Berbuah ?

Syarat untuk tanaman cabe hidroponik berbuah adalah :

Bibit cabe harus yang bagus atau yang unggul, artinya bibit cabe tersebut bukan bibit yang mandul.

Air nutrisinya jangan pernah sekalipun kekeringan dan juga minimal mendapatkan cahaya matahari setengah hari mulai pagi sampa siang,

Pastikan tanaman cabe sehat dari segala macam penyakit seperti daun keriting, busuk akar dan busuk batang.

Penyebab tanaman cabe hidroponik gagal berbuah di antaranya ada beberapa kemungkinan seperti di bawah ini :

Tanaman cabe memang belum sampai umur untuk berbuah.

Pemberian air nutrisi yang berlebihan membuat tanaman jadi mati kepanasan.

Tanaman cabe mandul karena terjadi mutasi gen.

Apabila tanaman cabe hidroponik kita telah berbunga lebat, tetapi pada akhirnya buah yang dinantikan tak juga kunjung muncul, ini dapat disebabkan oleh gugurnya bunga karena :

  • Kurangnya air nutrisi (tidak sesua dengan umur cabe)
  • Adanya serangan hama dan penyakit
  • Hujan yang terlalu deras, angin yang terlalu kencang, kemarau yang panjang, dan sebagainya
  • Penyemprotan pupuk daun yang tidak tepat waktunya. Dalam hal ini adalah penyemprotan yang dilakukan pada saat tanaman sedang berbunga. Jadi sebaiknya penyemprotan tidak dilakukan pada saat tanaman sedang berbunga.
Itu saja yang dapat saya sampaikan kenapa tanaman cabe hidroponik tidak mau berbuah, semoga bermanfaat dan jangan menyerah gagal sekali coba lagi hingga berhasil.

Komentar