Apa Akibat PPM Hidroponik Terlalu Tinggi ?

Hidroponik adalah tehnik budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam. Belakangan ini hidroponik banyak sekali di gemari petani modern terutama yang tidak memiliki lahan yang luas.

Perawatan tanaman hidroponik berbeda dengan perawatan tanaman biasa. Perawatan yang benar akan menghasilkan panen yang berkualitas terbaik dan sebaliknya perawatan yang buruk akan mengakibatkan tanaman mati.

Sistem hidroponik menggantikan fungsi tanah sebagai penyedia nutrisi bagi tanaman. Larutan nutrisi merupakan campuran antara air dan beberapa jenis nutrisi makro dan mikro.

Apa Akibat PPM Hidroponik Terlalu Tinggi
1.790 ppm pada tanaman kangkung menyebabkan daun terbakar

Setiap tanaman memiliki nilai ppm minimal dan maksimal yang berbeda-beda. Jadi perhatikan nilai ppm tanaman yang akan di tanam secara hidroponik. PPM yang terlalu tinggi mengakibatkan daun tanaman terbakar pertumbuhan melambat kemudian layu dan mati (berdasarkan pengalaman pribadi sebelum memiliki alat TDS Meter, ilmu kira-kira yang akhirnya dosis ppmnya terlampau tinggi untuk jenis tanaman yang saya tanam).

Oleh karena itu wajib untuk teman-teman semua yang ingin terjun ke dalam dunia hidroponik memiliki alat yang namanya TDS Meter baik itu bertanam karena hobi terlebih lagi untuk usaha skala besar.

Demikianlah penjelasan tentang bahaya atau efek samping atau akibat negatif fari ppm hidroponik yang terlalu tinggi, semoga bermanfaat.

Komentar