Apakah Benar Tanaman Hidroponik Boleh Terkena Air Hujan ?

Pada dasarnya tanaman hidroponik sama dengan tanaman biasa yang di tanam di tanah, tidak masalah terkena air hujan. Dari pengalaman pribadi saya tanaman hidroponik yang terkena air hujan tidak ada mati, baik itu yang di tanam di botol plastik bekas, di sistem NFT / DFT dan yang lainnya.

Apakah Benar Tanaman Hidroponik Boleh Terkena Air Hujan

Namun ada beberapa masalah yang saya temukan akibat air hujan :
  1. Tanaman hidroponik yang tanpa atap kandungan nutrisinya akan menurun karena bercampur dengan air hujan dan kita harus rajin mengecek ulang ppm setelah selesai hujan dan menambahkan nutrisi sampai ppm yang kita inginkan.
  2. Tanaman hidroponik tanpa atap begitu kena hujan yang deras selain permasalah no 1 di atas adalah banyak daun tanaman yang rusak, batang yang patah, posisi tanaman yang amburadul karena angin. Apalagi tanaman yang kita tanam masih kecil.
  3. Ada jenis hama dan penyakit yang sering muncul ketika air hujan mulai sering turun yaitu kutu daun, ulat, dan jamur. Tentunya kemunculan 3 penyakit ini mempengaruhi kesehatan tanaman hidroponik yang di tanam.
Saran saya bagi teman-teman yang hobi saja, bisa menaruh instalasi hidroponik di samping rumah, di belakang atau dimana saja yang memang tidak terkena hujan secara langsung.

Demikianlah informasi yang dapat saya bagikan dari pengalaman yang sudah di jalani selama ini, semoga bermanfaat dan jika ada yang ingin di tanyakan bisa melalui kolom komentar di bawah.

Komentar