Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Dari Nasi Basi

Nutrisi AB Mix sekarang ini masih tergolong lumayan mahal, untuk mengatasi hal tersebut kita bisa membuat sendiri nutrisi organik hidroponik dari sisa nasi basi yang sangat sayang sekali kalau di buang dengan percuma. Ada beberapa nutrisi yang terkandung dalam nasi basi seperti karbohidrat, protein, mineral, fospor, mangan, selenium, magnesium dan sejumlah vitamin lainnya.

Berikut ini beberapa manfaat nasi basi bagi tanaman :
  1. Menyediakan unsur hara makro dan mikro
  2. Memacu pertumbuhan vegetatif
  3. Menyehatkan tanaman
  4. Mengendalikan hama tanaman
  5. Meningkatkan daya tahan tanaman dari penyakit
  6. Memperkaya bahan organik tanah
  7. Meningkatkan aktivitas bakteri tanah (menyuburkan tanah)
  8. Memperbaiki sifat tanah menjadi lebih gembur
  9. Dan lain sebagainya
Namun nasi basi tidak bisa serta merta langsung kita berikan kepada tanaman tetapi harus di olah terlebih dahulu agar bisa di serap maksimal oleh tanaman.

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Dari Nasi Basi

Alat dan Bahan yang di perlukan untuk membuat nutrisi dari nasi basi :
  • Wadah untuk menempatkan nasi basi
  • Ember untuk mencampur bahan-bahan
  • Botol bekas atau untuk menyimpan cairan
  • Pengaduk, bisa menggunakan besi atau kayu
  • Nasi basi 5 genggaman tangan
  • Air baku sebanyak 2 liter
  • Gula aren / gula pasir setengah gelas
  • EM4 2 tutul botol / susu Yakult 2 botol
Pertama simpan 5 genggam tangan dewasa nasi basi dan jangan letakkan di tempat yang terkena matahari selama 3 - 5 hari sampai tumbuh jamur berwarna orange.

Setelah muncul jamur campur dengan air baku sebanyak 2 liter, kemudian tambahan larutan gula aren atau gula pasir setengah gelas 220 ml dan terakhir tambahkan EM4 (botol warna kuning) sebanyak 2 tutup botolnya atau jika tidak ada di ganti dengan susu Yakult 2 botol.

Terakhir aduk sampai benar-benar tercampur rata, setelah selesai simpan cairan ke dalam botol. Simpan cairan di tempat yang teduh dan jangan sampai terkena matahari langsung selama 30 hari.

Ingat setiap 1 atau 2 hari membuka tutup botol untuk mengeluarkan gas yang terkurung di dalam botol, jangan sampai lupa nanti botol meledak.

Ciri-ciri nutrisi dari nasi basi sudah siap digunakan adalah jika tutup botol di buka sudah tidak mengeluarkan gas dan setelah 30 hari nutrisi dari nasi basi akan siap di gunakan dengan perbandingan 220 ml / 1 gelas plastik di campur dengan 10 liter air baku biasa. 

Demikianlah Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Dari Nasi Basi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Komentar