Cara Membuat Pengganti Nutrisi AB Mix Murah Meriah

Sekarang ini sistem penanaman secara hidroponik mulai banyak di sukai masyarakat karena memiliki banyak sekali kelebihan yaitu mudah dalam penanamannya dan perawatannya yang simple.

Untuk memulai bertanam secara hidroponik yang paling penting disiapkan adalah nutrisi untuk membantu pertumbuhan tanaman, namun sayang sekali nutrisi AB Mix relatif mahal dan juga susah di dapat bagi kita yang jauh dari perkotaan. Walaupun bisa di beli secara online kita masih terkendala dengan ongkos kirim yang lumayan mahal.

Nutrisi pengganti hidroponik paling mudah di dapat dan juga murah meriah adalah jenis pupuk majemuk seperti NPK, KCL dan Gandasil D/B.

Cara Membuat Pengganti Nutrisi AB Mix Murah Meriah

Selama ini yang sudah penulis gunakan adalah NPK 16.16.16 dan Gandasil D pada tanaman kangkung, pakcoy dan seledri. Semuanya tumbuh subur serta daunnya besar-benar. Asalkan ppmnya tidak melebihi batas maksimal jenis tanaman tersebut.

ppm yang terlampau tinggi dari batas maksimal jenis tanaman tersebut bisa mengakibatkan daun tanaman seperti terbakar dan yang paling parah adalah tanaman mati. Maka dari itu kita wajib memiliki alat yang namanya TDS Meter untuk mengecek ppm.

Buat yang belum memiliki alat TDS Meter bisa dengan dosis sebagai berikut :
  1. 20 liter air baku
  2. 2 sendok makan full (menggunung) NPK
  3. 1 sendok teh datar Gandasil D
Catatan : Jika tidak ada Gandasil D cukup gunakan NPK saja sudah cukup. Bertanam kita tidak usah pusing-pusing, maksimalkan saja apa yang ada, jangan mencari apa yang tidak ada.

- Untuk tanaman kangkung

Minggu pertama gunakan 500 - 600 ppm selanjutnya minggu kedua sampai panen gunakan 1.000 - 1.400 ppm.

- Untuk tanaman pakcoy

Minggu pertama sama dengan tanaman kangkung gunakan 500 - 600 ppm selanjutnya minggu kedua sampai dengan panen gunakan 1. 000 - 1.400 ppm.

- Untuk tanaman seledri

Minggu pertama gunakan 600 - 700 ppm dan minggu selanjutnya sampai dengan panen gunakan 1.200 - 1.600 ppm.

Demikian yang dapat penulis sampaikan berdasarkan pengalaman pribadi dan semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas bisa tanyakan langsung melalui kolom komentar. Salam sukses dan salam hijau.

Komentar