Berapa Hari Sekali Pemberian Nutrisi Hidroponik ?

Nutrisi umumnya mengandung unsur makro dan mikro yang di perlukan tanaman untuk tumbuh, nutrisi tanaman hidroponik (sering di sebut AB Mix) bisa kita beli di toko pertanian atau di toko online atau bisa juga kita racik sendiri.

Pemberian nutrisi pada tanaman hidroponik bukan berdasarkan hari namun berdasarkan umur tanaman dan kondisi air. Untuk pemberian nutrisi tanaman sesuai umur tanaman bisa lihat penjelasannya di bawah ini.

Apa Akibat PPM Hidroponik Terlalu Tinggi   tahapan pemberian nutrisi hidroponik sawi  tahapan pemberian nutrisi hidroponik kangkung

Air nutrisi di berikan sejak mulai muncul 2 daun dengan takaran 200 - 400 ppm. Setelah muncul daun ke 3 dan 4 dosis yang di berikan ialah 400 - 600 ppm dan siap di pndahkan ke instalasi atau tempat pembesaran.

Sebagai contoh tanaman Pakcoy, nilai ppm maksimalnya  ialah 1400 ppm, usia panen adalah 35 hst, kita berikan nutrisi bertahap dari 1 hst sampai panen dari ppm ke kecil sampai ppm besar.
  1. Minggu pertama 400-600 ppm (7 hari pertama)
  2. Minggu ke 2 800 ppm. (14 hari pertama)
  3. Minggu ke 3 1000 ppm (21 hari pertama)
  4. Minggu ke 4 1200 ppm (28 hari pertama)
  5. Minggu ke 5 1400 ppm (35 haru pertama) sampai panen
Catatan : pastikan larutan nutrisi yang diberikan tidak melebihi nilai ppm maksimal jenis tanaman. Sebab jika nutrisi yang di berikan lebih besar dari ppm maksimal akibatnya adalah tanaman terbakar, layu dan mati.

Dan untuk pemberian nutrisi berdasarkan kondisi air, jika kondisi air sudah mulai surut atau berkurang, sebaiknya segera tambah air dan periksa ppmnya menggunakan alat TDS meter seperti ppm sebelumnya atau sesuai dengan umur tanaman.

Demikianlah penjelasan mengenai Berapa Hari Sekali Pemberian Nutrisi Hidroponik ?. Semoga bermanfaat.

Komentar