Apa Penyebab dan Solusinya Daun Cabe Hidroponik Berwarna Kuning

Apa Penyebab dan Solusinya Daun Cabe Hidroponik Berwarna Kuning - Penyakit kuning daun tanaman cabe hidroponik sering dialami oleh banyak petani hidroponik. Mengidentifikasi penyebab daun kuning ini cukup sulit karena ada banyak faktor penyebab yang memungkinkan terjadinya penguningan pada daun.

Mari kita urai beberapa penyebab daun kuning yang sering terjadi pada tanaman secara umum. Semoga uraian ini bisa menjadi bahan diagnosa untuk menelisik penyebab tanaman cabe hidroponik di rumah Anda  menjadi kuning.

Apa Penyebab dan Solusinya Daun Cabe Hidroponik Berwarna Kuning

Daun Kuning Karena Kurang Air Nutrisi

Kekurangan air nutrisi apalagi sampai kering akan menyebabkan daun kuning, hal tersebut merupakan proses alami yang dilakukan tumbuhan. Tanaman dalam keadaan banyak atau kurang air akan melakukan proses transpirasi. Ketika jumlah air sedikit, tumbuhan akan menggugurkan daun untuk menjaga kecukupan kebutuhan air sehingga tidak mengganggu transpirasi.

Solusinya gampang, tentu Anda harus menambahkan pasokan air nutrisi agar tanaman cabe mendapatkan sejumlah air dan nutrisi yang cukup.

Daun Kuning Karena Kebanyakan Dosis Nutisi

Kebanyakan dosis air nutrisi bagi tanaman tertentu ternyata tidak bagus. Kebanyakan dosis air nutrisi akan menyebabkan panas sehingga tanaman menjadi coklat, layu dan mati kalau dibiarkan. Saya sudah sering mengalaminya pada tanaman cabe hidroponik dan tomat hidroponik.

Solusinya pelajari setiap dosis takaran air nutrisi yang sesuai dengan umur tanaman cabe anda, begitu juga dengan tanaman yang lain seperti tomat, dll.

Daun Kuning Kurang Sinar Matahari

Sinar matahari merupakan unsur penting yang sangat dibutuhkan tanaman untuk bisa tumbuh maksimal. Bila tanaman kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan daun menjadi kuning karena proses fotosintesis tidak terjadi secara maksimal sehingga zat hijau daun tidak terbentuk sempurna.

Solusinya bisa dilakukan dengan memindahkan tanaman ke tempat yang memiliki sinar matahari yang cukup khususnya mulai jam 6 pagi sampai 12 siang. Atau memakai teknik artifical light gardening (menambahkan cahaya khusus untuk tanaman) misalnya memakai lampu LED.

Serangan Hama

Serangan hama tertentu dapat menyebabkan daun menjadi kuning, layu,dan mati. Namun penyakit daun kuning pada tanaman biasanya terjadi bersama serangan lain misalnya pada cabe daun menjadi kuning setelah cabe terinfeksi kutu daun dan virus gemini.

Solusinya semprot daun cabe dengan pertisida organik sampai kutu daun benar-benar hilang.

Serangan Lumut Hijau

Lumut hijau ini muncul apabila air nutrisi terpapar langsung dengan sinar matahari dan semakin hari semakin banyak. Lumut hijau berebut nutrisi dengan akan tanaman cabe, ketika tanaman cabe kalah disitulah daun mulai menguning, rontok, layu dan mati.

Cara mengatasinya adalah dengan mencuci wadah penampungan air nutrisi sampai bersih lalu kemudian di isi ulang dengan air nutrisi yang baru. Jangan lupa juga bersihkan akar tanaman karena ada juga sebagian lumut hijau yang lengket dengan akar.

Dari beberapa penyebab di atas, semoga Anda kini bisa mendiagnosa apa yang menyebabkan tanaman cabe hidroponik di rumah Anda menjadi kuning. Bila sudah ketahuan,tinggal laksanakan saja solusinya. Simpel. Selamat berkebun.

Komentar

  1. Adakah obat atau cairan yang bisa dilarutkan bersama nutrisi untuk mencegah lumut pada tanaman hidroponik? Tolong pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya tau tidak ada, untuk mengatasi lumut usahakan air nutrisi tidak terkena sinar matahari langsung

      Hapus

Posting Komentar