Apa Keuntungan dan Resiko Cabe Hidroponik Tanpa Greenhouse ?

Apa Keuntungan dan Resiko Cabe Hidroponik Tanpa Greenhouse ? - Sekarang ini sudah banyak yang tertarik menanam sayuran sacara hidroponik salah satunya cabe mulai dari skala rumah tangga hingga skala bisnis termasuk saya sendiri. Mari kita ikut andil memajukan pertumbuhan ekonomi tanah air tercinta #72, semoga Allah memberikan kemudahan ekonomi untuk tanah air kita ini.

Apa Keuntungan dan Resiko Cabe Hidroponik Tanpa Greenhouse ?
Contoh cabe hidroponik menggunakan polybag dengan media tanam cocopeat mix sekam bakar

Banyak sekali pertanyaan dari para pemula hidroponik apakah bisa menanam tanaman hidroponik tanpa atap atau bahasa kerennya tanpa green house ?, mari kita simak resiko dan keuntungannya terlebih dahulu

Ini Resiko menanam cabe hidroponik tanpa atap atau tanpa greenhouse :

Ya pastinya murah,,,, contohnya saya sendiri dulu belajar menanam cabe menggunakan botol minuman bekas yang 600 ml sama yang 1.5 ml, Jadi yang perlu di perhatikan ketika menanam cabe hidroponik tanpa greenhouse adalah hujan dan cahaya matahari.

Jangan sampai air hujan masuk kedalam air nutrisi karena akan membuat tanaman layu sebab kadar nutrisi menurun, begitu juga dengan cahaya matahari ketika mengenai langsung larutan nutrisi akan mempercepat pertumbuhan lumut hijau yang mana merebut nutrisi yang seharusnya untuk tanaman.

Khusus untuk musim kemarau panas cahaya matahari biasanya sangat panas seperti terasa menggigit di kulit, ketika saya perhatikan tanaman cabe hidroponik pun layu dan banyak yang bilang itu merusak hormon tumbuh tanaman.

Ini Keuntungan menanam cabe hidroponik menggunakan atap atau dengan greenhouse :

Tentu saja kebalikan dari resiko tanpa greenhouse seperti yang sudah saya jelaskan di atas, dengan greenhouse masalah intensitas cahaya matahari yang berlebihan bisa di kurangi dengan plastik UV, masalah hama berkurang karena biasanya greenhouse full tertutup akan menghambat hama yang terbang untuk masuk, begitu juga dengan air hujan tidak akan tercampur dengan air nutrisi.

Dari keuntungan menggunakan greenhouse tentunya membutuhkan biaya yang lebih besar.

Jadi kesimpulannya adalah menanam tanaman cabe tanpa greenhouse atau dengan greenhouse sama-sama bisa dan tinggal anda yang pilih mau menggunakan cara yang mana. Ketika anda memilih menggunakan tanpa greenhouse siap-siap dengan segala masalah dan bagaimana anda menyelesaikan masalahnya. Sebaliknya ketika memilih menggunakan greenhouse anda berarti siap dengan investasi yang tinggi.

Itu saja yang dapat saya sampaikan dan selamat mencoba selamat menanam cabe hidroponik and salam hijau.

TAMBAHAN :

Beda tempat beda pula serangan hama dan jenisnya. Terkadang di suatu tempat menanam hidroponik tidak menemukan kendala serangan hama yang merepotkan, tetapi banyak pula daerah yang perlu penanganan khusus karena serangannya yang hebat. Hal yang perlu diperhatikan jika tidak menggunakan naungan hidroponik adalah jeli dan teliti terhadap serangan hama. Ketika terdeteksi ada serangan hama, segera dilakukan penanganan , bisa juga dilakukan tindakan preventif sebelum hama menyerang, kita bisa menggunakan perangkap hama dan pengusir hama.

Komentar