Cara Mudah Menanam Cabe Hidroponik Di Rumah Untuk Konsumsi

Cara Mudah Menanam Cabe Hidroponik Di Rumah Untuk Konsumsi – Baru-baru beberapa bulan belakangan saya sangat senang menanam cabe dengan metode hidroponik, 1 hal yang paling saya suka adalah tidak kotor,, hehe dan tidak perlu lahan yang luas di mana saja bisa.

Sebenarnya ada banyak sekali tanaman yang bisa di tanam dengan metode hidroponik salah satunya cabe, mengingat cabe sangat di butuhkan di dapur kami maka saya putuskan untuk menanam cabe secara hidroponik untuk keperluan memasak ibu saya.

Seperti kata ibu saya “meja makan tanpa cabe rasanya kurang lengkap”.

Keluarga kami memang tidak suka-suka banget makan cabe,, yaa cuma sekedarnya saja untuk menambah selera makan, supaya ada sensasi pedas-pedasnya saat makan.

Harga cabe di tempat saya memang tergolong lumayan mahal (hangat), oleh sebab itu untuk mengatasi pembengkakan pengeluaran belanja dapur muncullah ide untuk menanam cabe hidroponik di rumah.

Memang di rumah saya terkendala dengan lahan, semua serba pas-pas an. Namun dengan adanya metode bercocok tanam hidroponik semua masalah terselesaikan, cukup dengan lokasi yang sempit di samping rumah tumbuhlah tanaman cabe hidroponik dengan memanfaatkan botol bekas.

Hal Yang Harus Anda Siapkan Sebelum Menanam Cabe Hidroponik Di Rumah Untuk Konsumsi :

Benih cabe

Kita bisa mengambil benih cabe dari cabe yang ada di dapur kemudian di keringkan atau di jemur sebentar atau buat yang tidak mau repot tinggal beli benih cabe yang sudah siap untuk di tanam, saya biasanya beli bibit cabe di pasar banyak orang jual atau anda bisa juga membeli secara online.

Penyemaian benih cabe

Langkah selanjutnya sebelum di tanam adalah penyemaian, ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan kecambah. Rendam biji cabe untuk melihat kualitas biji cabe dan pastikan untuk menggunakan biji cabe yang tenggelam, untuk yang terapung bisa anda buang (karena kualitasnya tidak baik).

Cara Mudah Menanam Cabe Hidroponik Di Rumah Untuk Konsumsi

Selanjutnya saya langsung memotong botol bekas menjadi 2 bagian lalu melobang bagian atas botol menggunakan solder atau paku yang di panaskan lalu isi botol dengan air nutrisi hidroponik kemudian letakkan media tanam rockwool, usahakan air nutrisi mencapai bagian bawah rockwool.

Lubang bagian atas rockwool sedikit menggunakan bilah lidi lalu masukkan biji cabe 1 – 2 buah sudah cukup.

Letakkan di dalam rumah yang terhindar dari sinar matahari hingga cabe mulai tumbuh berdaun 2, setelah itu di letakkan di luar rumah yang terkena matahari pagi saja,,,, sekitar 2 – 3 jam, jangan matahari siang sampai sore.

Jika daun cabe sudah lebih dari 4 bisa kita pindah lagi di lokasi yang terkena matahari pagi hingga siang. Tapi jangan kena mataharinya dari pagi sampai sore,,,, berdasarkan dari pengalaman panas matahari siang hingga sore membuat daun cabe lesu kepanasan.

Perawatan tanaman cabe hidroponik

Perawatannya sangat mudah yaitu cek kondisi air nutrisi setiap hari atau setiap 2 hari sekali, jangan sampai kekeringan, jika air berkurang segera di tambah dengan air nutrisi yang kita punya. Pengalaman saya ketika ketika kelupaan mengecek air dalam botol tanaman cabe hidroponik saya akhirnya layu dan tidak lama kemudian mati.

Cara Mudah Menanam Cabe Hidroponik Di Rumah Untuk Konsumsi

Cara Mudah Menanam Cabe Hidroponik Di Rumah Untuk Konsumsi

Ada beberapa kelemahan bercocok tanam dengan metode hidroponik yaitu :

  1. Air nutrisi tidak boleh terkena matahari langsung karena akan memunculkan atau menumbuhkan lumut hijau yang mana akan sangat merugikan sebab lumut hijau tersebut menyerap kandungan nutrisi yang ada pada air nutrisi. Oleh sebab itu seperti pada gambar di atas saya menyelimuti seluruh permukaan botol dengan plastik putih.
  2. Air nutrisi tidak boleh tercampur dengan air hujan sebab akan membuat air nutrisi asam yang mana pada akhirnya tanaman layu, menguning dan mati. Jika hal ini terjadi segera buang air nutrisi yang tercampur dengan air hujan lalu menggantinya dengan air nutrisi yang baru. Coba lihat gambar di atas saya memberi payung plastik putih tepat di atas media tanam mengelilingi batang cabe, ini bertujuan untuk meminimalisir masuknya air hujan.
  3. Tanaman yang tumbuh lebih dari 30 cm ke atas ketika di tanam dengan metode hidroponik akan rawan sekali roboh tau tumbang terkena angin, maka dari itu saya mengikat tanaman cabe hidroponik saya di pagar samping rumah agar tahan banting,, hehe.

Kenapa saya menggunakan plastik putih ? jawabannya sangat sederhana : Berdasarkan ilmu IPA sederhana warna putih itu memantulkan panas sedangkan warna gelap itu menyerap panas, itulah sebabnya saya menggunakan plastik putih untuk membungkus tanaman cabe hidroponik saya.

Itu saja share pengalaman saya mengenai Cara Mudah Menanam Cabe Hidroponik Di Rumah Untuk Konsumsi, semoga bermanfaat apa yang sudah saya sampaikan, ayoo bercocok tanam hijaukan halaman sekitar rumah.

Komentar