Cara Menanam Tanaman Cabe Hidroponik Sistem Wick (Sumbu)

Cara Menanam Tanaman Cabe Hidroponik Sistem Wick (Sumbu) - Pengertian hidroponik sistem wick adalah sistem yang paling sederhana dari semua jenis sistem hidroponik. Itu karena secara tradisional tidak memiliki bagian yang bergerak, sehingga tidak menggunakan pompa atau listrik.

Sistem sumbu adalah jenis sistem yang mudah untuk dibuat ketika pertama kali belajar hidroponik atau Anda hanya Anda inginkan untuk mendapatkan pengalaman pertama atau coba-coba atau ingin belajar lebih dalam tentang sistem hidroponik.

Bagaimana sistem wick / sumbu beroperasi ?

Pada dasarnya wick atau sumbu berperan sebagai jalannya nak air nutrisi dari penampungan di bawah ke atas menuju akar-akar tanaman.

Cara Menanam Tanaman Cabe Hidroponik Sistem Wick (Sumbu)

Dari pengalaman saya sistem wick kurang cocok untuk jenis tanaman yang besar karena kurang maksimal dalam menyalurkan nutrisi kepada tanaman apalagi kalau sudah berbuah, sistem wick menurut saya hanya cocok untuk saat penyemaian tanaman, tanaman yang tidak berbuah, tanaman herbal, dll (pokonya jenis tanaman yang kecil).

Kelebihan dan kekurangan hidroponik sistem wick seperti sudah saya jelaskan di atas kelebihannya adalah sederhana, biaya terjangkau dan mudah untuk di praktekkan khususnya untuk pemula sedangkan kekurangannya kurang cocok untuk tanaman besar apalagi tanaman yang berbuah mereka membutuhkan banyak nutrisi, setidaknya membutuhkan 3 - 4 wick untuk jenis tanaman yang berbuah.

Apa media tanam hidroponik sistem wick ?

Semua media tanam hidroponik bisa menggunakan sistem wick, mulai dari sekam bakar, cocopeat, rockwool, dan yang lainnya.

Apa pengganti kain flanel untuk hidroponik yang bagus ?

Umumnya orang yang menanam tanaman dengan sistem wick menggunakan kan flanel karena daya serapnya terhadap air sangat bagus, akan tetapi apakah ada pengganti kain flanel jika sulit di temukan ?

Sangat mudah tinggal potong kain bekas / baju bekas yang sudah rusak tidak terpakai, pilihlah kain yang menyerap air, tinggal potong sesuai ukuran dan kebutuhan.

Setelah memahami sistem wick dari penjelasan di atas selanjutnya kita ke materi bagaimana cara menanam tanaman cabe hidroponik sistem wick.

Tahap yang paling utama adalah penyemaian benih bisa langsung di letakkan biji cabe dalam botol bekas yang sudah ada media tanamnya, sudah di pasangi  wick (sumbu). Tempatkan di tempat yang tidak terkena hujan tapi terkena matahari pagi, biji cabe akan tumbuh biasanya sekitar 1 minggu kemudian.

Perhatikan air nutrisi jangan sampai kering, jika sudah mulai berkurang segera tambah tambah tambah begitu seterusnya. Ketika tanaman cabe sudah mulai berbunga di sini anda harus menambah air nutrisi pagi dan sore karena bisanya pada saat cabe mulai berbunga dan berbuah air nutrisinya cepat habis apalagi kalau di musim kemarau.

Tanaman cabe hidroponik tidak terlepas juga dari penyakit dan hama jadi untuk pemeliharaannya agar tanaman cabe subur kita bisa semprotkan dengan pestisida organik yang terbuat dari daun pepaya dan sedikit sabun cuci di dapur, cara pembuatannya akan saya share di artikel selanjutnya. Baca di sini : Cara Membuat Pestisida Organik Untuk Cabe Hidroponik

Buah cabe hidroponik bisa di panen biasanya pada usia 80 sampa 90 hari kurang lebih 3 bulan, pilihlah yang warna merah terang .

Demikianlah cara mudah menanam tanaman cabe hidroponik dengan sistem wick yang bisa saya sampaikan dan jika ada yang kurang jelas bisa tanyakan melalui kolom komentar di bawah. Salam hijau.

Komentar