Cara Menanam Kangkung Hidroponik Di Baskom

Kangkung merupakan salah satu sayuran yang selalu di ada di pasar dan juga salah satu jenis sayuran yang di senangi banyak orang. Di zaman sekarang ini tidak semua orang punya tanah atau kebun untuk bercocok tanam atau untuk sekedar manyalurkan hobi bercocok tanam. Maka dari itu menanam kangkung secara hidroponik tidak perlu lahan yang luas, kita bisa memanfaatkan pekarangan rumah, teras rumah dan samping rumah.

Adapun alat dan bahan yang perlu dipersiapkan adalah besek plastik, baskom, benih kangkung, nutrisi AB Mix atau POC atau NPK 16.16.16. (seperti pada gambar di bawah).

Cara Menanam Kangkung Hidroponik Di Baskom
Cara Menanam Kangkung Hidroponik Di Baskom

Pertama rendam terlebih dahulu benih kangkung selama 1 malam dengan air baku agar mempercepat proses kecambah. Selanjutnya letakkan besek plastik di atas baskom (perhatikan diameter besek plastik harus lebih besar sedikit dari baskom, isi baskom dengan air baku hingga mencapai dasaran besek plastik. Kemudian taburkan benih kangkung yang sudah di rendam 1 malam tadi secara merata pada besek plastik dan jika lubang besek besar-besar bisa tambahkan tisu makan pada dasar besek plastik. Letakkan di tempat teduh sampai benih kangkung berkecambah dan muncul daun.

Setelah umur kangkung 3 hari lakukan pemberian nutrisi sebanyak 500 ppm hingga 1 minggu kemudian dan letakkan di tempat yang terkena matahari. Lalu untuk minggu kedua berikan dosis nutrisi sebanyak 1.000 ppm dan minggu ke 3 sampai panen berikan nutrisi sebanyak 1.400 ppm.

Gunakan alat TDS (Total Dissolved Solids) untuk mengukur total part per million (PPM) yang terkandung dalam air. Alat TDS ini banyak di jual di toko pertanian atau di toko-toko online dan harganya juga murah (terjangkau).

Kangkung hidroponik dapat di panen setelah berumur 21-25 hst. Adapun cara panennya ada 2 yaitu dengan cara mencabut sampai akar atau dengan memotong sebagian batang atas agar kangkung dapat tumbuh kembali. Demikianlah cara menanam kangkung hidroponik di baskom. Semoga bermanfaat dan jika ada yang kurang jelas bisa tanyakan melalui kolom komentar.

Komentar