Apa Penyebab Cabe Hidroponik Layu Daun Berjatuhan

Apa Penyebab Cabe Hidroponik Layu Daun BerjatuhanMenanam cabe secara hidroponik memang tergolong gampang-gampang susah, kenapa saya katakan demikian sebab kita harus rajin mengontrol air nutrisi agar jangan sampai kering.

Salah satu yang paling di takuti dalam bercocok tanam adalah tanaman layu, daunnya berjatuhan dan kemudian mati,,, ya kan ?

Apa Penyebab Cabe Hidroponik Layu Daun Berjatuhan

Pengorbanan yang sudah kita jalani selama beberapa bulan berakhir sia-sia tanpa sempat merasakan panen cabe hidroponik.

Untuk tanaman cabe hidroponik layu daunnya kemudian berjatuhan ada 2 penyebab yang saya ketahui bersadarkan pengalaman saya di luar layu karena serangan bakteri atau layu karena penyakit.

Penyebab pertama cabe hidroponik layu

Daun cabe layu seperti kepanasan, setelah di cek kondisi air nutrisi full saja sedangkan malam tadi hujan itu artinya air nutsiri bercampur dengan air hujan yang menyebabkan air nutrisi menjadi asam.

Solusinya : segera buang air nutrisi yang bercampur dengan air hujan tersebut dan di ganti dengan air nutrisi baru. Biasanya setelah air di ganti tanaman cabe yang daunnya layu kembali hijau lagi setelah beberapa jam setelah penggantian air nutrisi.

Penyebab kedua cabe hiroponik layu

Layunya daun cabe yang satu ini dari pengalaman saya yang sudah lewat adalah kelalaian kita dalam mengecek kondisi air nutrisi hingga kering yang mana membuat tanaman cabe layu akibat tidak ada makanan yang di serap untuk pertumbuhan. Satu-satunya makan cabe hidroponik adalah air nutrisi.

Solusinya : Jika mendapati hal tersebut di atas segera masukkan air nutrisi pada tanaman cabe yang kekeringan tadi, selang beberapa jam tanaman cabe kembali segar seperti semula dengan catatan jangan sampai terlewat 1 hari, kalau sudah lewat 1 hari saya jamin cabenya pasti akan mati.

Itulah 2 penyebab cabe hidroponik layu yang saya dapati berdasarkan pengalaman selama bergelut di bidang hidroponik.

Maka dari itu buat yang ingin menanam cabe secara hidroponik harus rajin setiap hari entah itu pagi maupun sore untuk mengecek kondisi air nutrisi terlebih lagi jika setelah hujan.

Mungkin buat yang membuat mini green house untuk tanaman cabe hidroponiknya tidak masalah dengan hujan asalkan rajin dan rutin setiap hari atau 2 hari sekali menambah air nutrisi, jangan sampai tanaman cabenya mati baru di tambah air nutrisi,,,, hehe.

Itu saja sedikit informasi mengenai cabe hidroponik layu yang dapat saya bagikan berdasarkan pengalaman yang sudah saya jalani, semoga bermanfaat dalam selamat bercocok tanam di sekitar rumah.

Komentar