5 Trik Rahasia Budidaya Cabe Hidroponik Agar Subur dan Berbuah Lebat

5 Trik Rahasia Budidaya Cabe Hidroponik Agar Subur dan Berbuah Lebat – Tanaman cabe adalah salah satu tanaman yang sangat mudah sekali tumbuh, kebiasaan ibu saya membuang cabe yang sudah busuk ke samping rumah ternyata membuat banyak sekali cabe tumbuh. Dibuang tanpa di perhatikan pun cabe bisa tumbuh dengan subur, apalagi kalau di perhatikan dengan sungguh-sungguh dengan kasih sayang.

Trik Rahasia Budidaya Cabe Hidroponik Agar Subur dan Berbuah Lebat

Cabe yang di tanam dengan baik pasti akan tumbuh dengan baik, daunnya nampak hijau dan besar-besar serta berbuah lebat, sedangkan jika di perlakukan asal-asalan pasti tumbuhnya juga ala kadarnya.

Baik kita kembali ke topik pembahasan saya akan membagikan trik rahasia agar cahe hidroponik agar tumbuh subur dan berbuah lebat.

Berikut Trik Rahasia Budidaya Cabe Hidroponik Agar Subur dan Berbuah Lebat :

Perhatikan air nutrisi

Periksa 1 hari sekali atau 2 kali sehari kondisi air nutrisi tanaman cabe hidroponik anda, karena persoalan utama cabe hidroponik adalah ketergantungan pada air nutrisi. Ketika tanaman cabe sudah mulai tumbuh besar, subur dan mulai berbunga kita lupa akan kewajiban menjadi lalai memperhatikan air nutrisi padahal pada saat itulah masa emas cabe membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak lagi.

Peletakan atau penempatan cabe hidroponik

Untuk penempatan cabe hidroponik sebaiknya jangan di letakkan di tempat yang sering basah atau lembab karena biasanya banyak siput yang suka makan daun dan batang cabe (pengalaman), sebanyaknya letakkan tanaman cabe hidroponik di tempat yang kering juga mendapatkan sinar matahari minimal 6 jam dalam sehari, sebaiknya matahari pagi hingga matahari siang.

Tanaman cabe yang sudah terlanjur di makan daun dan batangnya oleh siput pertumbuhannya akan terganggu tidak maksimal, daun-daun menjadi mengecil dan jarang-jarang, batang cabe menjadi kecil. Ketika tanaman cabe sudah seperti itu sebaiknya di buang saja atau di tanam ke tanah saja dengan harapan bisa tumbuh dengan baik dan segera ganti tempat kosong dengan bibit cabe yang baru.

Pemotongan tunas aksiler

Tunas samping yang terletak pada ketiak daun, pemotongan atau pembuangan tunas yang tumbuh pada ketiak daun bertujuan untuk merangsang pertumbuhan bunga cabe sehingga cabe bisa berbuah lebih cepat dan lebat.

Pemotongan tunas biasanya di lakukan pada cabe hidroponik yang sudah berusia 3 minggu lebih. Tehnik pemotongan bisa menggunakan gunting atau memotong dengan tangan di petik secara manual.

Wadah cabe hidroponik

Cabe adalah tanaman yang memiliki akar yang sangat banyak dan sangat memakan tempat, jadi minimal untuk menanam cabe hidroponik yang menggunakan botol bekas adalah botol 1,5 liter ke atas. Ketika pertumbuhan akar cabe terhambat maka secara otomatis pertumbuhan bagian atas cabe juga terhambat.

Pembersihan tempat air nutrisi

Ketika tanaman cabe yang di tanam secara hidroponik sudah berusia 1 bulan lebih biasanya pada dinding botol atau tampungan air nutrisi tumbuh lumut hijau yang juga ikut menyerap kandungan nutrisi dalam air nutrisi.

Ketika lumut hijau itu sudah menebal sebaiknya segera bersihkan dengan melepas bagian bawah botol. Hati-hati pada saat pelepasan dan pemasangan kembali agar tidak merusak perakaran yang ada agar tanaman cabe tidak stress.

Jika 5 langkah di atas anda terapkan dengan benar pada tanaman cabe hidroponik anda, saya jamin tanaman cabe anda akan tumbuh subur dan berbuah lebat.

Demikianlah Trik Rahasia Budidaya Cabe Hidroponik Agar Subur dan Berbuah Lebat yang dapat saya share di hari yang cerah ini. Semoga apa yang sudah saya sampaikan di atas bermanfaat untuk kita. Selamat mencoba dan salam hidro.

Komentar