Cara Mudah Menanam Cabe Hidroponik Menggunakan Polybag (Teknik Manual)

Cara Mudah Menanam Cabe Hidroponik Menggunakan Polybag (Teknik Manual) - Karena dunia pertanian sekarang ini semakin modern jadi semakin beragam cara bertanam dengan sistem hidroponik dan pada kesempatan kali ini saya ingin share cara menanam cabe hidroponik menggunakan polybag dengan cara manual.

Cara Mudah Menanam Cabe Hidroponik Menggunakan Polybag (Teknik Manual)

Oke kita langsung saja kepada inti pembahasan dan peralatan yang dibutuhkan di antaranya :

Media tanam di sini kita menggunakan cocopeat mix atau di campur dengan sekam bakar karena media tanam ini sangat bagus menyimpan air 1 liter media tanam ini mampu menyimpan air 6 liter.

Polybag itu pasti sebagai wadah media tanam, bisa juga di ganti dengan yang lain,,,, namun yang paling mudah dan murah adalah polybag.

Beskom kecil seukuran masuk polybag gunanya adalah sebagai penampung air siraman kalau berlebihan bisa tertampung dalam beskom yang di letakkan di bawah polybag, jadi air nutrisi tidak terbuang sia-sia.

Bibit cabe gunakan bibit yang berkualitas, kita bisa beli di pasaran atau beli online kalau mau menanam jenis cabe yang jarang di temukan di daerah anda.

Nutrisi di sini kita menggunakan nutrisi AB Mix khusus cabe atau nutrisi AB Mix umum juga bisa.

Selanjutnya susun secara rapi polybag yang sudah di isi media tanam cocopeat dan sekam bekar lalu semai bibit cabe ke dalam polybag. 1 polybag 2 biji cabe, lakukan penyiraman pagi sore menggunakan air biasa dan letakkan di tempat yang terkena matahari pagi.

Setelah tanaman cabe berdaun 2 lakukan pemberian nutrisi dengan dosis sebagai berikut :

  • Minggu Pertama : 800 ppm (5 ml pekatan A + 5 ml pekatan B per 1 liter air = 800 PPM)
  • Umur 2 minggu : 1000 ppm (6 ml pekatan A + 6 ml pekatan B per 1 liter air = 1000 PPM)
  • Umur 3 minggu : 1500 ppm (7 ml pekatan A + 7 ml pekatan B per 1 liter air = 1500 PPM)
  • Umur 4 minggu : 2000 ppm (8 ml pekatan A + 8 ml pekatan B per 1 liter air = 2000 PPM)
  • Masa generatif sampai panen : 2500 ppm (10 ml pekatan A + 10 ml pekatan B per 1 liter air = 2500 PPM)

Buat yang mempunyai alat ukur PPM silahkan di gunakan sedangkan buat teman-teman yang tidak memiliki alat ukur PPM seperti saya bisa menggunakan takaran atau acuan seperti di atas.

Cara pemberian nutrisi di lakukan secara manual (disiram secara manual) 1 gelas minum atau gelas plastik 250 ml berisi air nutrisi untuk 1 polybag di pagi hari.

Ketika tanaman cabe sudah berumur 5 minggu ke atas lakukan penyiraman 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari karena kebutuhan nutrisi cabe di usia ini sudah tinggi.

Perawatan untuk tanaman cabe yaitu di lakukan pemangkasan tunas yang tumbuh di sekitar batang bagian bawah, sehingga pertumbuhan akan maksimal ke buah di bandingkan ke tunas. Kalau ada hama segera basmi dengan menggunakan pestisida organik, baca cara membuatnya di sini : Cara Mudah Membuat Pestisida Organik Untuk Cabe Hidroponik

Buah cabe sudah bisa di panen pada umumnya usia 80-90 hari dengan ciri buah cabe sudah berwarna merah.

Itulah cara mudah menanam cabe hidroponik dalam polybag dengan cara manual, semoga saja bermanfaat untuk kita semua dan salam hijau.

Komentar